Social Icons

twitterfacebookgoogle plusemail

Kamis, 20 Juni 2013

Manfaat Semangka Sebagai Pelangsing Perut

Melihat foto di atas, pasti membuat Anda seolah ingin segera menyantapnya. Apalagi ketika cuaca panas sedang menghiasi hari Anda.
Semangka, buah yang mengandung banyak sekali air dan sangat cocok ketika dinikmati di siang yang terik dan gerah. Lalu kenapa semangka ? Ada apa dengan semangka ?
Usut punya usut, ternyata semangka memiliki manfaat yang tidak kita duga sebelumnya. Selain sebagai penghilang rasa haus di saat siang dan kandungan nutrisi yang banyak, ternyata semangka memiliki khasiat sebagai pengikis lemak di dalam perut.
Seperti yang telah dilansir oleh peneliti dari University of Kentucky, bahwa efektifitas dari jus semangka dalam menurunkan jumlah lemak dalam perut sangatlah besar sekali. Selain itu, semangka juga bisa untuk menjaga berat badan serta menurunkan resiko penyakit jantung.

Menurut sang kepala penelitian, seperti yang dimuat dalam situs Natural News, mereka yang banyak mengkonsumsi semangka baik yang segar maupun yang sudah diolah, memiliki tingkat kolesterol darah yang lebih rendah. Kandungan asam amino bernama argininelah yang berperan dalam mengurangi jumlah lemak dalam tubuh, termasuk perut.
Semangka merupakan buah yang mengandung air dalam jumlah tinggi. Efek lebih langsing bukan hanya disebabkan oleh kandungan arginine, namun juga dari konsumsi buahnya yang membuat perut terasa lebih kenyang.
Karenanya, konsumsi semangka memberi rasa kenyang lebih lama sekaligus mengurangi keinginan ngemil makanan tak sehat dan berlemak.
Selain memperhatikan pilihan makanan, beberapa hal juga harus diperhatikan untuk mengurangi timbunan lemak pada perut. Di antaranya adalah rajin berolah raga, misalnya dengan sering melakukan aktivitas jalan kaki. Jam tidur yang cukup serta stres juga turut mempengaruhi pola makan seseorang.

Manfaat lain dari semangka adalah sebagai penurun resiko kanker kolon, kanker prostat dan memurunkan tekanan darah tinggi jika dikonsumsi secara teratur. Hal ini karena semangka mengandung lycopene. Nutrisi yang membuat warna semangka menjadi sangat merah.
Lalu manfaat apalagi selain sebagai pelangsing perut ? Semangka yang memiliki kadar air tinggi ini ternyata juga bisa menurunkan asam urat, seperti yang telah dipublikasikan halaman web STIKES YARSIS. Dimana para peneliti melakukan eksperimen pada warga Dupak Bangunsari, Surabaya. Penelitian yang dilakukan pada 16 orang sampel dan dari kelompok tersebut dibagi menjadi dua golongan terpisah (kelompok kontrol dan eksperimen). Kadar rata-rata asam urat sebelum pemberian terapi jus semangka diketahui pada kelompok eksperimen 8,9 mg/dl, sedangkan kelompok kontrol 8,8 mg/dl. Sementara setelah pemberian terapi jus semangka rata-rata kadar asam urat pada kelompok eksperimen menjadi 5,5 mg/dl, sedangkan pada kelompok kontrol rata-rata kadar asam urat menjadi 8,7 mg/dl.

Sangat jelas jika banyak sekali manfaat dari buah merah segar ini, jika Anda mempunyai masalah dengan perut buncit atau sekedar ingin menjaga agar perut Anda tetap porposional, ada baiknya jika Anda mengkonsumsi buah semangka secara teratur.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 komentar :

Poskan Komentar